Lanud J. A Dimara Fasilitasi Penyaluran Bantuan Kemanusiaan ke Fiji

Pemerintah Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan sebagai bentuk solidaritas Negara Indonesia kepada Negara Fiji yang baru saja terkena bencana Topan Harold pada tanggal 08 April 2020 lalu.


Bantuan tersebut didistribusikan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU melalui Lanud Johanes Abraham Dimara Merauke, sebelum diterbangkan ke Negara Fiji.  Selasa (13/05)

Bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia antara lain Tenda Pleton, Tenda Regu, Selimut, Handuk, Minyak Goreng, dan Biskuit yang berjumlah kurang lebih 12 Ton.

Posisi Kabupaten Merauke yang berada diwilayah Selatan Timur Papua dianggap sebagai lokasi pangkalan yang strategis  apa bila ingin mengirim bantuan kemanusiaan ke Negara-negara Pasifik Selatan.

Menurut Letkol  Sus  Rahmat Tony Basuki saat ditemui RMOL PAPUA diruang kerjanya, (19/05),  mengatakan bahwa, bantuan ini adalah murni bantuan dari Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Fiji yang berupa bantuan sosial yang diberikan secara gratis.

Selanjutnya dirinya menyampaikan bahwa TNI AU selalu siap melaksanakan perintah missi kemanusiaan atau Operasi Militer Selain Perang (OMSP), sehingga apapun kebijakan Pemerintah untuk mengangkut bantuan sosial maka TNI AU selalu siap mendukung dan melaksanakan perintah tersebut.