Kunjungan Silaturahmi dan Sosialisasi MUI Merauke Terkait Pencegahan Covid-19 di Masjid

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Merauke kunjungi beberapa masjid Kabupaten Merauke untuk sosialisasi pencegahan Covid-19 dalam pelaksanaan ibadah.


Dalam kesempatan itu, Sekretaris Komisi Fatwa dan Perundang-undangan MUI Merauke DR. H. Ahmad Ali Muddin, mengungkapkan salah satu peran MUI adalah Himayah atau menjaga dan melindungi umat.

Sebab itu, pihaknya gencar lakukan sosialiasi agar tidak ada penyebaran virus Covid-19 di Masjid.

"Iya, yang terpenting dari kunjungan ini adalah, MUI Kabupaten Merauke tidak menginginkan terjadi penyebaran Covid-19 di Masjid-masjid.

"Sampe saat ini MUI Kabupaten sudah melakukan kunjungan di Masjid-masjid seperti di Distrik Sota, Bupul, Muting, Eligobel, Ulilin, Semangga dan beberapa Masjid di Distrik Merauke. Insya Allah semoga dapat dijangkau 20 Distrik," ungkap Ali Muddin kepada Reporter RMOL Papua, usai pertemuan.

Sekretaris Komisi Fatwa ini juga mengatakan MUI sudah menyurati PKM Masjid khususnya yang ada di Distrik Merauke untuk pendataan serta penilaian standar kelayakan Masjid dalam mencegah Covid-19.

"Kami sudah berikan surat ke tiap PKM Masjid dan tinggal menunggu konfirmasi untuk MUI lakukan kunjungan sekaligus pendataan dan penilaian standar kelayakan Masjid sebagai bagian dari pencegahan virus Covid-19 sehingga tidak ada klaster baru Covid-19 di Masjid karena ini bisa jadi fitnah buat kita," Katanya.

Disaat yang sama Wakil Ketua MUI Kabupaten Merauke, Ir. H. Jufri Tamrin mengharapkan kepada masyarakat agar ketika menjalankan ibadah tetap mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan.

"Kami selalu sampaikan kepada masyarakat khususnya Umat Muslim agar ketika menjalankan dan mendatangi tempat ibadah tetap mengikuti protokol pencegahan Covid-19.

"Sehingga hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. Kalaupun terjadi yang penting kita sudah berikhtiar karena semua yang terjadi atas kehendak Allah. Jadi tetap ada prinsip moral yang kita tunaikan yakni tetap mengikuti anjuran Pemerintah," jelas Wakil Ketua MUI.

Foto bersama usai pertemuan Pengurus MUI Kabupaten Merauke dengan Pengurus PKM Masjid Babussalam/RMOL PAPUA
Sekretaris Komisi Fatwa dan Perundang-undangan MUI Merauke DR. H. Ahmad Ali Muddin saat di diwawancarai Reporter RMOL Papua usai pertemuan/RMOL PAPUA
Wakil Ketua MUI Kabupaten Merauke, Ir. H. Jufri Tamrin saat diwawancarai Reporter RMOL Papua usai pertemuan/RMOL PAPUA

Wakil Ketua MUI juga menghimbau agar seluruh PKM Masjid di Kabupaten Merauke agar tetap mengikuti himbauan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Ya point penting adalah kami MUI menghimbau agar bagaimana masyarakat dapat mematuhi himbauan pemerintah kita. Sebab, itu bagian dari perintah agama. Agama juga mengedepankan hal bersifat kemanusian dan menjaga kesehatan," Tutupnya.

Kunjungan MUI disambut baik oleh PKM Masjid Babussalam. Wakil Ketua PKM Masjid Babussalam, Suparlan menyampaikan terima kasih kepada MUI yang telah melakukan kunjungan silaturahmi ke Masjid Babussalam.

"Kami ucapkan terima kasih kepada MUI Merauke yang sudah lakukan kunjungan, kita akan tetap mengikuti arahan yang di sampaikan. Kami juga telah menyiapkan handsanitizer, masker dan juga jaga jarak untuk mencegah Covid-19," Pungkasnya.