Jaga Fisik dan Kesehatan, Anggota Brimob Merauke Laksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani

Personil Batalyon D Pelopor Sat Brimob Polda Papua melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani periode II Tahun 2020 di Markas Kesatrian Johar Simamora Jalan jawa Merauke, Rabu (22/7).


Saat di konfirmasi, Wadanyon D Pelopor AKP Sarifudin Ahmad melalui Danki-1 IPTU Yulianus Giay menjelaskan bahwa, kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani dilaksanakan setiap enam bulan atau per semester

Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dari pada fisik dan jasmani personil.

Lanjut dia, kegiatan ini akan menjadi tolak ukur bagi personil yang ingin melaksanakan pendidikan kejuruan (Dikjur) maupun tugas lainnya.

"Ketika ada permintaan Personil dari Sat Brimob Polda Papua untuk melaksanakan pendidikan kejuruan ataupun tugas lainnya, kami bisa mempersiapkan personil tersebut dengan mengacu pada hasil Tes Kesamaptaan Jasmani yang dilaksanakannya," ungkap IPTU Yulianus.

Anggota Brimob Merauke saat olahraga/Net

Bagi personil yang mendapatkan nilai dibawah standar, lanjut Danki, tidak diberikan pengusulan nama untuk melaksanakan pendidikan kejuruan maupun pendidikan Polri lainnya.

"Penekanan yang kami lakukan sebagai motivasi kepada anggota agar mampu meningkatkan serta menjaga kesehatan fisiknya dalam menunjang setiap tugas yang akan dilaksanakannya," ucapnya.

Sebelum pelaksanaan dimulai, dilakukan pengecekan setiap personil yang mengikutinya dalam kondisi sehat.

Selanjutnya dilaksanakan senam pelemasan otot agar tidak terjadi cidera otot pada saat berlangsungnya kegiatan.

"Kami melaksanakan pengecekan kondisi personil hingga melakukan senam pelemasan otot guna menjaga hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," pungkas Danki-1 IPTU Yulianus Giay.

"Saya berharap setiap anggota setelah kegiatan ini harus tetap memperhatikan fisik, staminanya, mengingat tugas kedepan akan semakin kompleks," sambungnya.

Dengan demikian, Tes Kesamaptaan jasmani periode II Tahun 2020 dari awal hingga akhir dapat berjalan aman dan terkendali.

Hasil kegiatannya akan dilaporkan oleh Bagian Administrasi Batalyon D Pelopor kepada Sat Brimob Polda Papua.