GMKI Merauke Siap Bersinergi Budayakan Gerakan Literasi di Kampung

Gerakan Literasi adalah sebuah usaha mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai amanat undang-undang Dasar 1945 sehingga penting untuk memulai gerakan literasi dari kampung-kampung di kota Merauke. Hal ini di sampaikan Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Merauke Martha Elisabet Titihalawa saat sesi diskusi launching Pojok Baca Digital (POCADI) di kawasan perbatasan RI-PNG Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Distrik Sota. Rabu (28/10)


Perempuan Marind yang biasa disapa Elsye ini mengatakan bahwa beberapa Organisasi Kemasyarakatan Kepemudaan (OKP) di Merauke telah mulai memasyarakatkan gerakan literasi melalui giat perpustakaan jalanan, diskusi, dan sampai membuat platform literasi digital bagi anak muda Papua yaitu Goresan Pena Papua (GoPapua.Site) hanya saja selama ini terkendala dengan ketersediaan buku bacaan untuk membuat perpustakaan jalanan dan akses internet untuk menjangkau kampung-kampung.

"Kami Pemuda Merauke sebenarnya telah memulai Gerakan Literasi di Merauke melalui berbagai kegiatan bahkan sampai membuat platform literasi digital dengan segala keterbatasan kami, hanya saja memang kami kekurangan fasilitas buku bacaan untuk perpustakaan jalanan dan juga akses internet di kampung yang sulit jadi platform digital tidak sampai kesana" Ungkap nya.

Untuk itu Elsye menyampaikan dirinya bersama beberapa OKP dan Komunitas di Merauke siap bersinergi dengan Perpustakaan Nasional dan daerah untuk bisa menggerakan budaya literasi sampai ke kampung-kampung di Merauke.

Di kesempatan yang sama Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Indonesia Muhammad Syarif Bando mengatakan Perpusnas akan menindaklanjuti pernyataaan ketua GMKI tersebut dan dalam waktu dekat akan membantu memfasilitasi buku-buku bacaan bagi Pemuda dan masyarakat Merauke.

" Terimakasih Adik Ketua GMKI, Perpusnas siap bersinergi dengan semua pihak untuk membudayakan Gerakan Literasi, Nanti aspirasi nya akan kami tindak lanjuti" ungkapnya.

Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, 

Dan arsip daerah Papua Christian Sohilait mengungkapkan apresiasinya kepada GMKI dan pemuda Merauke yang telah memulai Gerakan Literasi untuk kemajuan dunia pendidikan di Merauke.

"Terimakasih adik-adik dari GMKI, PMKRI dan OKP di Merauke telah Memulai berbagai gerakan literasi disini, nanti kita akan lebih banyak komunikasi untuk bagaimana saling membantu guna membudayakan Gerakan Literasi disini". ungkapnya.