Melihat Potensi Kekayaan Alam, Polsek Onggaya Ajarkan Masyarakat Kampung Lokal Membuat Batu Bata

Masyarakat yang tinggal di Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke kebanyakan berprofesi sebagai Nelayan dikarenakan letaknya yang berada di pesisir pantai, namun melihat potensi Alam yaitu tanah liat yang masih sangat banyak maka masyarakat melakukan inovasi dengan membuat batu bata. Selasa, (10/11)


Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Onggaya, Ipda Elvis Palpialy bersama dengan Bhabinkamtibmas Kampung Kuler, Aipda Pariyanto melakukan pelatihan terhadap masyarakat kampung dengan memanfaatkan potensi alam yang menyediakan bahan baku pembuatan batu bata.

"Pelatihan kita lakukan selama tiga hari,ini sebagai upaya membentuk keterampilan masyarakat." Terang Kapolsek

Dikatakan bahwa masyarakat harus bisa melihat potensi dan memanfaatkan kekayaan alam yang tersedia yang dapat menjadikan itu sebagai mata pencarian. 

"Dengan memanfaatkan alam, dari hasil pembuatan batu bata itu juga bisa dijadikan mata pencarian bagi masyarakat sekitar untuk menunjang kehidupan sehari-hari." Jelasnya

Kapolsek berharap agar masyarakat terus dapat melihat peluang-peluang apa saja yang bisa dijadikan sebagai keterampilan kerajinan tangan.

"Harapan kami masyarakat bisa membuat hal baru yang mempunyai nilai jual, salah satunya batu bata ini. Ada juga pesan dari bapak Kapolres kami bahwa batok kelapa juga bisa dijadikan keterampilan pembuatan kancing baju yang tentu mempunyai nilai jual." Ungkapnya

Pelatihan kepada masyarakat ini bekerja sama dengan Kepala Kampung guna untuk mamfasilitasi masyarakatnya dalam berlatih tentang tata cara pembuatan batu bata.