Staf Rumah Aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah Klarifikasi Tudingan Partai NasDem Komersilkan Bantuan Alsintan

Ilustrasi Mesin Alsintan Jenis Combine/ Net
Ilustrasi Mesin Alsintan Jenis Combine/ Net

Terkait dengan tudingan Tokoh Masyarakat Papua Selatan, Hengki Ndiken kepada Partai NasDem yang dinilai telah melakukan komersialisasi Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) bantuan pemerintah kepada para petani langsung mendapat respon dari Koordinator Pembagian Alsinan Partai Nasdem, Sultan Hamzah.


Diketahui bahwa Sultan Hamzah adalah seseorang yang namanya sempat disebut-sebut oleh Petani bernama Ahmad Yaeni yang juga merupakan pengelola alsintan bantuan pemerintah yang mengaku diminta untuk menyewakan alat tersebut kepada para petani.

Ketika diwawancarai melalui telepon seluler Sultan Hamzah membantah jika ada upaya dari partai NasDem untuk megkomersilkan alsintan bantuan pemerintah kepada para Petani. Senin (16/11)

Sebab menurutnya uang sewa yang dibebankan kepada masyarakat lebih banyak dipergunakan untuk biaya operasional seperti pembelian bahan bakar dan gaji operator serta pemeliharaan dan perbaikan alsintan jika terjadi kerusakan yang kesemuanya dikelola oleh kelompok tani penerima alsintan tersebut. Karena perlu diketahui bahwa operasional dan pemeliharaan Combine Harvester memerlukan biaya yang besar. Suku cadangnya juga mahal seperti roda misalnya.


“Uang itu digunakan untuk biaya operasional seperti pembelian bahan bakar dan gaji operator serta pemeliharaan alat karena alat-alat besar itu biaya perawatannya besar dan mahal.” Ucapnya

Sementara jika ada sisa dari uang sewa, memang  menyarankan agar dapat digunakan untuk kepentingan umum atau kegiatan sosial seperti bantuan orang sakit, iuran kampung, sumbangan pembangunan fasilitas umum dan perbaikan jalan kampung. 

“Biasanya setelah Panen dan ada uang sewa yang sisa kami perbolehkan dipakai untuk bantu-bantu dikampung seperti bantuan sosial dan tempat ibadah, yang penting dilaporkan ke kami, jadi kita subsidi silang ke bantuan lainnya yang memang dibutuhkan masyarakat dan untuk kepentingan umum" Jelasnya

Dirinya mengatakan bahwa biaya sewa yang dibebankan kepada petani yang menggunakan bantuan pemerintah itu jauh lebih murah dibandingkan harga rata-rata yang ada, karena memang keberadaan alsintan tersebut tujuannya untuk membantu masyarakat.