KPU Mappi Gelar Rapat Pleno Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahap Ke-IV

Suasana foto bersama KPU Kabupaten Mappi saat melakukan foto bersama setelah melakukan rapat Pleno. Rabu (18/2)
Suasana foto bersama KPU Kabupaten Mappi saat melakukan foto bersama setelah melakukan rapat Pleno. Rabu (18/2)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mappi menggelar Rapat Pleno Rekapitusai Pemutahiran Daftar Pemilih berkelanjutan periode oktober 2020 dengan jumlah pemilih sebanyak 86.820 orang. Rabu (18/11)


Dari hasil Rapat Rekapitulasi Pemuhiran daftar pemiih berkelanjutan kali ini berhasil terdata rincian jumlah pemilih laki - laki sebanyak 45.086 orang, dan pemilih perempuan sebanyak 41.734 orrang, yang tersebar di 15 Distrik yang berada di Kabupaten Mappi.

Ketika diwawancarai oleh Reporter Rmol Papua, Komisioner KPU Devisi Data dan Informasi Irwan Awaludin menyampaikan bahwa dari hasil rekapitulasi data tersebut didapati potensi pemilih baru mencapai 12.832 orang dan pemilih yang tidak memenuhi syarat sebanyak 1.973 orang.

"Potensi pemilih baru mencapai 12.832 orang, pemilih tidak memenuhi syarat sebanyak 1.973 orang ,perlu di ketahui data pemilih ini didapat dari sumber data dinas kependudukan dan catatan sipil hasil data konsolidasi bersih, pemilih yang telah memiliki KTP Elektronik, sampai saat ini KPU dan DUKCAPIL kabupaten Mappi masih konsolidasi bekerja berkoordinasi." Ucap Irwan Awaluddin

Dirinya mengatakan bahwa penambahan pemutahiran data pemilih berkelanutan ini bertujuan untuk memperbarui data pemilih guna mempermudah proses pemutahiran data dan penyusunan daftar pemilih pada ajang pesta demokrasi berikutnya.

"Pemutahiran Data Pemilih berkelanjutan menggunakan Daftar Pemilih Tetap hasil Pemilu Serentak 2019 sebagai dasar data pemutahiran. KPU berkoordinasi dengan DUKCAPIL untuk mendapatkan Updating hasil pelayanan administrasi kependudukan seperti penduduk pindah datang, pemilih pemula, perubahan identitas, perubahan status pekerjaan TNI/POLRI, perubahan alamat, dan data kematian." Jelasnya

Lanjut dikatannya bahwa dalam hasl menyikapi hasil Rapat Pemuktahiran data pemilih ini, KPU Mappi juga membuka layanan pelaporan dan tanggapan masyarakat.

Dirinyapun berharap kepada masyarakat agar masyarakat juga dapat bekerja sama melakukan pengecekan data pemilih mereka yang terpasang pada papan pengumuman kantor KPU Kabupaten Mappi.  Demikian Irwan Awaluddin.