Bupati Boven Digoel Melantik Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemda Boven Digoel

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan Administrator/Eselon III dan jabatan Pengawas/Eselon IV di lingkungan pemerintah kabupaten Boven Digoel oleh Bupati Boven Digoel, Senin (17/1)


Adapun para pejabat Administrator Eselon III yang dilantik berjumlah 11 orang dan pejabat Pengawas Esalon IV 19 orang, guna mengisi kekosongan jabatan serta memperlancar pelayanan administrasi di lingkungan pemerintah daerah kabupaten Boven Digoel.

Adapun nama dan jabatan para pejabat yang dilantik tersebut yakni, Tugoro Glamop menjabat sebagai Sekertaris Satpol PP, Soleman Womsiwor Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Yan Karowa Pelaksana Bagian Umum Setda, Bilare Wondilo Kabid Ekonomi Kreatif dan Pemasaran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olaraga , Martinus Kirimanop, Pelaksanaan Bagian Organisasi Setda, Yacobus Atuk Pelaksana Bagian Pengelola Perbatasan Negara Setda, Thomas Tamuop Kepala Distrik Iniyandit, Ape Itim Pelaksana pada Dinas Sosial ,Tomy Mesakh Labetubun Pelaksana pada Dinas Pemberdayaan Masyarkat Kampung, Yanuarius Wonam Pelaksana pada bagian Tata Pemerintahan Setda, Yosua Benyamin Papey Pelaksana pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olaraga.

Dan untuk pejabat Esalon IV,  Antonetha Cristofora Yoghan Pelaksana pada bagian Organisasi Setda, Adolfiana Rumaropen Kasubag Tata Usaha Umum dan Staf Ahli Setda, Albertus Kutat Kasubbid Kewaspadaan Dini, Pengawasan Orang Asing dan Lembaga Asing pada bidang Kewaspadaan Nasional Bakesbangpol, Derek Waroy Kasubag Protokoler pada bagian Umum Setda, Jois Sofia Doom Pelaksana pada bagian organisasi Setda, Engelbertha Mawen Kasubbag Rumah Tangga dan Perjalanan Bagian Umum Setda, Piter Amuru Pelaksana bagian Administrasi Pembangunan dan Kesra Setda, Bayu Febriawan Pelaksana pada Distrik Waropko, Indra Harun Pelaksana pada bagian Tata Pemerintahan Setda, Kambuop Weremba Kasubbag Penyusunan Program dan Keuangan pada Sekretariat Distrik Yanirumah, Benyamin Murumerei Kasubbag Umum dan Kepegawaian pada sekretariat Distrik Kawagit, Rudiyanto Pelaksana pada Dinas Pemberdayaan Masyarkat Kampung, Manyio Weremba Sekretaris Distrik Kouh, Rahab Harek Weremba Kasubbag Penyusunan Program dan Keuangan ,pada Sekretariat Distrik Kouh, Ruben Anggainggom Sekretaris Distrik Manggelum, Sion Balimbisip, Kasubbag Penyusunan Program dan Kaeuangan Distrik Manggelum, Simon Wambrauw Pelaksana pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, David Awe Sekretaris Distrik Fofi, Mathen Pelaksana pada bagian Tata Pemerintahan Setda.

Setelah pengucapan sumpah/janji dan pelantikan pejabat Eselon III dan IV, Bupati Boven Digoel Hengki Yaluwo, S.Sos dalam arahannya menekankan kepada pejabat yang baru dilantik agar menjadikan jabatannya sebagai amanah yang wajib dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, sebagaimana sumpah jabatan yang telah diucapkan. 

"Sadari bahwa jabatan merupakan kepercayaan pimpinan terhadap seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), yang meliputi aspek loyalitas, kemampuan dan kompetensi serta moral, "tuturnya.

Lanjut Hengki, mutasi atau alih tugas ini janganlah diartikan sebagai sesuatu yang memiliki konotasi negatif, yang dapat mengakibatkan kita terperangkap dalam sikap yang kurang terpuji. Tetapi jadikanlah alih tugas dan mutasi ini sebagai wahana untuk lebih meningkatkan disiplin dan etos kerja dalam pelaksanaan tugas yang dipercayakan. Karena mutasi atau alih tugas dan jabatan dalam lingkungan ASN, merupakan hal yang biasa bagi setiap Aparatur Pemerintah. 

Selanjutnya, Bupati kembali mengingatkan bahwa ada tiga peran yang harus melekat pada diri seorang pimpinan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tiga peran yang dimaksudkan adalah sebagai Pelaksana (Implementator), sebagai Pengelola (Manajer), dan Pemimpin (leader).

Pada kesempatan ini, Bupati mengharapkan kepada pejabat yang baru saja dilantik serta seluruh kepala OPD di lingkungan pemerintah daerah kabupaten Boven Digoel, agar segera mempersiapkan diri dalam pelaksanaan tugas-tugas yang telah diamanahkan, yakni bekerja mematuhi segala peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, mampu mengamankan kebijakan pimpinan, dan tidak membuat kebijakan yang bertentangan dengan kebijakan pimpinan daerah.

"Dan bagi Saudara berada ditempat tugas agar dapat meningkatkan kinerjanya serta memberi manfaat bagi masyarakat dan saya ingatkan untuk selalu berada ditempat tugas. "pungkasnya.