Pendidikan Jasmani Adaptif-Media, Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Anim-Ha Merauke


Pendidikan Jasmani Adaptif merupakan salah satu mata pelajaran yang berperan penting pada pertumbuhan dan perkembangan murid berkebutuhan khusus.

Pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif guru juga tidak hanya sekedar menyampaikan materi saja, tetapi juga harus diimbangi dengan pengetahuan.

Pemilihan materi dan metode juga harus diperhatikan dan guru juga harus dapat memodifikasi materi pembelajaran yang disampaikan sesuai dengan kondisi murid yang dihadapinya.

Oleh karena itu strategi pembelajaran harus dirancang dan direncanakan dengan baik, serta diimplementasikan dengan benar.

Kenyataan dilapangan guru-guru yang mengajar olahraga di Sekolah Luar Biasa Negeri Anim Ha Merauke tidak semuanya

berlatar belakang Pendidikan Jasmani dan Olahraga, untuk mengajar murid normal saja guru harus menggunakan strategi yang tepat agar apa yang menjadi tujuan dalam pendidikan dapat tercapai, apalagi pada murid berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran metode yang digunakan untuk menghadapi murid dengan masing-masing ketunaan yang berbeda, maupun

memodifikasi pembelajaran yang sesuai dengan murid yang dihadapi, agar tercapai tujuan dari pembelajaran tersebut sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditentukan.

Yang menjadi fokus dalam pengabdian ini yaitu pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi murid berkebutuhan khusus di SLB Negeri Anim Ha Merauke.

Diharapkan melalui beberapa macam bentuk aktifitas penjas adaptif dengan media permainan-permainan edukatif siswa-siswa di SLB Negeri Anim Ha akan lebih aktif dalam melakukan aktifitas fisik baik didalam kelas maupun diluar kelas Mampu Meningkatkan Perkembangan Sensorik dan Motorik peserta didik tersebut.

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini Memiliki beberapa Tahapan Pelaksanaan,diantarannya:

  1. Melakukan Sosialisasi Program Terhadap Mitra SLB Negeri AnimHa Merauke, Yang Terdiri dari SLB SD, SMP LB, dan SMA LB,
  2. Melakukan Pelatihan dan Pendampingan Kepada Guru PJOK Di SLB Negeri Anim Ha Merauke Melalui Pengenalan macam-macam bentuk permainan edukasi yang mampu meningkatkan Sensorik dan Motorik peserta didik,
  3. Melakukan Permainan bersama peserta didik yang didampingi lansung oleh Guru PJOK, (4) Melakukan Publikasi, evaluasi, dan Monitoring.

Adapun luaran-luaran yang akan direalisasikan setelah pelaksanaan program pengabdian ini diantarannya adalah:

  1. Peserta didik mendapatkan manfaat dari kreasi penjas adaptif melalui permainan edukatif untuk meningkatkan kemampuan sensorik dan motoric peserta didik,
  2. Mampu menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi guru PJOK akan pentingnya manfaat dari permainan edukasi ini dalam meningkatkan kemampuan sensosrik dan motoric peserta didik,
  3. Anak-anak menjadi aktif dan semangat dalam melaksanakan pembalajaran baik did dalam kelas dan diluar kelas.

Pengabrdian masyarakat ini di ketuai oleh: Dilli Dwi Kuswoyo,S.Pd.,M.Pd dan Anggota: Hendra Jondry Hiskya,S.Pd.,M.Pd