Program Rekrutmen Talenta Bumi Cerndrawasih, di Sambut Baik DPRD Papua Barat

Rekrutmen talenta Papua dan Papua Barat berkarir di BUMN/Rmol
Rekrutmen talenta Papua dan Papua Barat berkarir di BUMN/Rmol

Masyarakat Papua menyambut baik program yang dicanangkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang telah membuka perekrutan untuk putra-putri Papua dan Papua Barat untuk dapat bekerja dan berkarir di BUMN.


Program tersebut digagas untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas ekonomi di bumi cendrawasih.

Dilansir dari Rmol.ID Wakil Ketua DPRD Provinsi Papua Barat, Saleh Siknun, memberikan dukungannya pada kebijakan Erick Thohir tersebut untuk mewujudkan pemerataan dan pembangunan nasional, khususnya peningkatan SDM warga Papua.

“Saya mendukung apa yang dilakukan Pak Erick Thohir, dengan mempersiapkan 1.000 putra-putri Papua untuk dimasukan dalam BUMN,” kata Saleh dalam keterangannya, Kamis (19/11).

Dirinyapun berharap program tersebut bisa berjalan dengan baik dan berkesinambungan agar menghasilkan kualitas yang baik untuk putra-putri Papua.

“Kita berharap ini jangan setengah-setengah bukan berarti sudah mengambil 1.000 orang ini sudah direkrut sudah selesai bukan, kita harapkan keberlangsungan setelah itu.” Ungkapnya.

Lanjut politisi PDI Perjuangan ini, ketika 1.000 orang itu telah berhasil menjadi pegawai BUMN, diharapkan untuk tidak lupa terhadap tanah Papua dan bisa kembali untuk membangun daerahnya.

“Terkait dengan yang 1.000 ini juga, kita berharap mereka ini setelah mereka masuk, inikan diharapkan mereka kembali untuk membangun negeri ini. Jadi jangan kemudian karena sudah dikasih kesana 1.000 ini sudah jadi pegawai BUMN terus selesai, bukan itu,” jelasnya.

Selain itu, Saleh juga meminta kepada Erick Thohir selaku orang nomor satu di BUMN untuk memajukan ekonomi dan pemerataan pembangunan di Bumi Cendrawasih untuk membuka program berwirausaha bagi anak muda Papua.

“Jadi kita harus menciptakan juga anak-anak muda Papua yang bisa mandiri berwirausaha dengan mengelola sumber daya alam yang ada di Papua, kita punya SDA cukup banyak tapi kan kita belum punya jiwa enterpreneur untuk mengelola Sumber Daya Alam yang ada,” urainya.

Saleh menambahkan, BUMN bisa membantu melatih kemampuan dan akses permodalan atau fasilitas lain yang menunjang kegiatan berwirausaha milenial Papua.

“Kita bangga dengan saudara Pak Bahlil Lahadalia (Kepala BKPM), kita berharap ada Bahlil-Bahlil yang lain, ada anak-anak muda yang lain, ada Pak Mambrasar (Stafsus Jokowi) yang lain. Jadi berikan peluang kepada 1.000 wirausaha anak Papua,” pungkasnya.